Daftar Blog Saya

Senin, 26 November 2018

Warna-Warni Parade Nusantara SMAN 7 Pekanbaru



     Pada hari Senin, 26 November 2018, terlihat halaman SMAN 7 Pekanbaru dihiasi oleh warna-warni pakaian adat Indonesia. Pada saat itu, diadakanlah acara “Parade Nusantara” dalam rangka Hari Guru, Hari pahlawan, dan bersempena dengan Hari Ulang Tahun SMAN 7 Pekanbaru.

     Warna-warni baju adat dari Sabang sampai Merauke meramaikan halaman SMAN 7 Pekanbaru. Dengan berbagai macam baju adat yang dikenakan oleh para siswa, membuat suasana hari itu semakin meriah dan menunjukkan “inilah negara kasatuan Indonesia” yang berbeda-beda tetapi tetap satu.

     Parade ini menampilkan berbagai pakaian adat Indonesia. Acara tersebut diikuti oleh sebagian siswa-siswi secara berpasangan. 


     Pakaian adat yang dipakai pun beragam, mulai dari adat Sumatera Utara, Riau, Nusa Tenggara, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Aceh, Kalimantan, dan masih banyak pakaian adat lainnya yang ditampilkan.

   

     Tidak hanya menampilkan pakaian adat, siswa-siswi juga menjelaskan arti dari pakaian adat yang mereka tampilkan. Hal ini sebagai ilmu tambahan bagi siswa-siswi dalam pengetahuannya dalam budaya Indonesia.
   


     Dengan memperkenalkan pakaian adat juga bermanfaat lebih karena murid juga ikut melestarikan warisan budaya yang dimiliki. Pakaian-pakaian tersebut nantinya akan menjadi pakaian yang berharga dan bersejarah karena baju tersebut memperlihatkan dan mencerminkan adat istiadat daerah asal baju tersebut.


     Penggunaan pakaian adat ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta tanah air para siswa. Dengan menggunakan pakaian adat ini maka para siswa diajarkan mengenai keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.






Created by: Willem Iskandar (XI IIS 4)
Photo by: Bintang Rezeki (XI IIS 1), Ibu Imelda Sandra Js 
Editor Photo by: Willem Iskandar (XI IIS 4)
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harapan Baik untuk Guruku

Harapan baik untuk guruku Tepat 25 November ini hari guru telah lahir di dunia Teruntuk guru hebat yang sedang membaca surat ini...