Daftar Blog Saya

Kamis, 22 November 2018

SEMINAR KEPAHLAWAN YANG MENGINSPIRASI

22 November 2018
Sebagai mana yang kita tahu, hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November. Nah,  oleh karena itu, dalam rangka memperingati hari pahlawan, SMA Negeri  7 Pekanbaru mengadakan seminar Kepahlawanan dengan tema: Nasionalisme dan Patriotisme.
Seminar ini diadakan pada hari Kamis, 22 November 2018 di ruang pertemuan SMA Negeri 7 Pekanbaru. Seminar ini bukan hanya diikuti oleh siswa/i SMA Negeri 7 Pekanbaru, tetapi juga diikuti oleh siswa dan siswi dari berbagai  Sekolah Menengah lainnya di Pekanbaru
Seperti yang telah disampaikan di atas, tema kegiatan seminar kepahlawanan ini adalah Nasionalisme dan Patriotisme. 
Nasionalisme dipahami sebagai usaha memperjuangkan kedaulatan negara demi mewujudkan identitas bersama oleh sekelompok orang yang memiliki tujuan atau cita-cita yang sama.
Nah, sedangkan Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban untuk bangsa.
Di atas adalah sedikit pengetahuan tentang Nasionalisme dan Patriotisme yang dirangkum dari beberapa sumber dari website.
Nasionalisme dan patriotisme mesti ditumbuhkan sejak dini dalam jiwa pemuda-pemudi bangsa. 25 sampai 30 tahun yang akan datang, kitalah yang akan menjadi pewaris bangsa ini, maka dengan jiwa yang penuh rasa nasionalisme dan patriotisme yang yang tertanam sejak dini, negeri ini pasti akan kita jaga dan kita pertahankan ke depannya, sesuai dengan tujuan kegiatan seminar kepahlawanan hari ini.
Seminar yang bertepatan dengan hari pahlawan ini dilaksanakan selama 2 (dua) jam. Dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10. 00 WIB. Pada kegiatan ini, SMA Negeri 7 Pekanbaru mendatangkan tamu sekaligus narasumber seorang Veteran yg ikut memperjuangkan NKRI pada tahun 1945, yaitu:  H. Syamsul Djafar . SH. Beliau berusia 76 tahun dan berasal dari Malang, Jawa Timur. Pada kegiatan seminar ini beliau menceritakan tentang Nasionalisme dan Patriotisme lewat slide microsoft power point, beliau menceritakan sejarah yg terjadi pada saat beliau dan veteran lainnya ikut berperang melawan penjajah untuk membela negara.
Seluruh peserta seminar termotivasi dengan sejarah beliau. Perjuangan beliau tentunya harus dilanjutkan. Zaman yang berbeda, maka berbeda pula cara berjuangnya. Yang pasti, rasa nasionalisme dan patriotisme makin tertanam di hati kami.
Setelah beliau selesai memaparkan sejarah yang beliau alami, maka dibukalah sesi tanya jawab,  peserta antusias bertanya. Beliaupun menjawab semua pertanyaan peserta dengan sangat gamblang.
Selesailah kegiatan seminar kepahlawan hari ini. Semoga menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa untuk lebih keras lagi dalam berjuang demi negeri inj.

Created by: Fadil XI MIA 3
Foto by: Nayya X IIS 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harapan Baik untuk Guruku

Harapan baik untuk guruku Tepat 25 November ini hari guru telah lahir di dunia Teruntuk guru hebat yang sedang membaca surat ini...