Daftar Blog Saya

Selasa, 25 September 2018

PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD

Pusat Teknologi dan Komunikasi bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan sebuah portal berbasis TIK untuk kemajuan di bidang pendidikan. Portal tersebut dinamai Rumah Belajar dengan alamat websitenya: https://belajar.kemdikbud.go.id. Guru, siswa maupun masyarakat umum bisa mengakses link tersebut untuk kepentingan pendidikan dengan mendaftarkan akunnnya terlebih dahulu melalui menu registrasi yang ada di web untuk kemudian bisa memanfaatkan berbagai konten yang terdapat di dalam portal rumah belajar.


Ada banyak konten yang bisa dipilih di dalam portal rumah belajar. Di antaranya, yaitu: sumber belajar, buku sekolah elektronik, kelas maya, laboratorium maya, bank soal, dan banyak lagi konten menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai media dalam proses pembelajaran.
Pada konten sumber belajar, pengguna portal dapat memanfaatkan beragam sumber belajar yang tersedia. Mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai pendidikan menengah.


Pengguna tinggal memilih salah satu atau lebih materi yang ingin di gunakan dalam proses pembelajaran.

Pada konten Buku Elektronik Sekolah, Pengguna portal dapat mendownload berbagai jenis buku elektronik sesuai kebutuhan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Penggguna tinggal mencari buku elektronik pada kolom pencarian  berdasarkan judul buku, penerbit, atau pengarang, kemudian menuliskan kata kunci mengenai butuh yang dibutuhkan.




Konten lainnya yaitu Bank Soal. Di konten ini pengguna dapat mengakses banyak soal latihan, ulangan, maupun ujian untuk berbagai pelajaran. Pengguna bisa melatih kemampuan diri sendiri dengan mengerjakan soal-soal yang tersedia. Untuk guru, soal-soal tersebut bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.



Ada pula konten laboratorium maya yang dapat dimanfaatkan sebagai media bantu dalam mengadakan praktikum dan banyak lagi konten-konten lainnya yang bermanfaat bagi pengguna yang membutuhkan media berbasis IT. Yang pasti pemerintah melalui kemendikbud akan menciptakan terobosan-terobosan baru demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia


writen by: Imelda Sandra JS
Foto diambil dari hasil capture portal rumah belajar kemdikbud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harapan Baik untuk Guruku

Harapan baik untuk guruku Tepat 25 November ini hari guru telah lahir di dunia Teruntuk guru hebat yang sedang membaca surat ini...