Daftar Blog Saya

Selasa, 14 Agustus 2018

DAMPAK PENDATANG BARU TERHADAP BUDAYA MELAYU




Assalamualaikum
Selamat siang tuan dan puan

Siang ini,kami dari kelas XI MIA 2 SMAN 7 PEKANBARU mengadakan adu argumentasi mengenai pengaruh apa saja yang diakibatkan pendatang baru terhadap budaya melayu.

Disini,setiap kelompok berhak mengutarakan argumentasinya baik sebagai pihak pro maupun pihak kontra,dan ibu guru sebagai pihak netral dan pelurus.

Budaya adalah cara hidup yang berkembang di sebuah kelompok dan akan diwariskan dari generasi ke generasi. Namun sayang, di era globalisasi ini terlalu banyak dampak negatif yang menyebabkan lunturnya budaya kita melayu.
Jika ditinjau dari sisi bahasa,bahasa daerah kita adalah bahasa melayu. Tetapi,bahasa yang beredar adalah bahasa inggris maupun bahasa daerah lainnya seperti jawa dan minang. Penggunaan dialek melayu yang lembut,sudah sangat jarang ditemui,terutama di kalangan remaja.
Begitupula penggunaan busana. Busana kita adalah busana yang menutup. Namun,jika dilihat kenyataannya,terlalu banyak penggunaan busana yang terbuka,dan bahkan sangat bertolak belakang dengan budaya kita.
 berdasarkan pergelaran seni. Pergelaran yang dilakukan oleh pendatang,jauh lebih menarik dibandingkan cerita rakyat yang dipertontonkan.
Inilah hal hal yang disadari atau tidak,telah melunturkan budaya asal kita.
Di sisi lain, adanya pendatang baru juga memberi dampak positif kepada kita,kita bisa berkaca diri sekaligus membandingkan kebiasaan apa saja yang dilakukan orang pendatang. Diharapkan, dengan perbandingan ini, kita bisa mencontoh atau pun menghindari kebiasaan yang dilakukan pelancong di negeri melayu kita.

CREATED : Dea Murdianingsih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harapan Baik untuk Guruku

Harapan baik untuk guruku Tepat 25 November ini hari guru telah lahir di dunia Teruntuk guru hebat yang sedang membaca surat ini...